Selasa, 23 Oktober 2012

Tips Menghindari Insomnia

Yuk kita coba tips ini, khususnya bila diantara sobat ada yang mengalami insomnia alias susah tidur.
1. Jangan mengonsumsi makanan berat sebelum tidur, seperti nasi. Tubuh kita akan menghabiskan banyak energi untuk menyerap atau mencerna makanan pada saat kita tidur. Jadi, tubuh kita masih bekerja lho, kan mestinya istirahat.

2. Biasakan rutin tidur pada jam tidur. Jangan sering begadang karena akan mengganggu siklus tidur Sobat semuanya.

3. Sebelum tidur, pastikan tidak ada yang mengganggu. Entah itu bunyi ponsel, ataupun pencahayaan kamar yang terlalu terang. Kondisikan kamar tidur kita sehingga nyaman untuk tidur.

4. Jangan berolahraga sebelum waktu tidur. Kadar hormon stress seperti Kortisol dan Norepinephrine meningkat selama berolahraga malam hari. Hal ini akan membuat kita susah tidur.

5. Kurangi konsumsi kopi. Kalaupun sobat semua ingin minum kopi, minumlah empat jam sebelum waktu tidur.

6. Bacalah buku, atau bacaan ringan sebelum tidur. Baca buku kan bikin ngantuk,,,?? Jadi membacalah sebelum tidur

7. Terlalu stress atau sedang berpikir keras bikin kita susah tidur lho. Jadi coba rileks dan lupakan sejenak persoalan itu. Dan mulailah tidur.

8. Mendengarkan musik-musik mellow atau musik yang berirama lembut dapat membuat kita santai dan bikin ngantuk juga kan..???

Bila masalah insomnia yang sobat alami nggak sembuh juga, mungkin kita bisa minta pendapat dokter. Tidur yang berkualitas sangat berpengaruh sama produktivitas kita. Jadi ayo mulai tidur nyenyak….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar